Public speaking merupakan kegiatan menyampaikan pesan kepada banyak orang untuk memberikan informasi. Sedangkan virtual adalah tampil atau hadir dengan menggunakan perngkat lunak komputer misalnya pada internet. Jadi virtual public speaking merupakan kegiatan public speaking yang dilakukan dengan bantuan perangkat lunak komputer dan internet guna terciptanya ruang virtual sebagai tempat untuk melakukan public speaking.
Kegiatan virtual public speaking memiliki beberapa perbedaan yang mecolok dibandingkan dengan public speaking non virtual, berikut beberapa perbedaan yang bisa kita lihat :
Virtual Public Speaking
Sumber foto : speakerhub.com
Pada kegiatan virtual public speaking prinsipnya sama, yaitu sama-sama berbicara dengan orang banyak. Namun yang yang membedakannya ialah faktor ruang , cara mengakses, dan cara mengonsumsi pesan atau informasi berbeda karena ada media perantara.
Kekurangan
Kegiatan hacking atau peretasan data menjadi salah satua ancaman
Komunikasi kurang berjalan dengan efektif karena besar kemungkinan terjadinya gangguan atau noise.
Public Speaking non Verbal
foto : Biro PsikologiInsa-Q
Kegiatan public speaking non virtual adalah kegiatan penyampaian pesan secara langsung didepan mata audience atau tidak menggunakan media virtual. Kegiatan public relation ini biasanya akan menjadi lebih efektif karena noise atau gangguan minim terjadi.
Berikut beberapaperbedaan antara virtual public relation dengan public relation non virtual, yaitu antara lain :
Pada proses penyamapaian pesan secara virtual akan lebih cepat merespon permasalahan dan pertanyaan dari audience sedangkan yang non virtul tidak dapat merespon dengan cepat karena harus mengadakan survei dan riset terlebih dahulu.
Komunikasi berjalan tersu menerus atau konstan dikarenakan internet tidak pernah tidur dan jangkauannya pun luas, sedangkan non virtual membutuhkan waktu dan jarak tertentu saja.
Pesan yang disampaikan bisa langsung pada sasaran yang dituju, sedangkan non virtual harus melalui perantara terlebih dahulu.
Penggunaan ruang yang lebih ekonomis sedangkan non virtual harus mengeluarkan biaya yang lebih besar.
Selain memiliki kelebihan virtual public relation juga memilki kekurangan, diantanya ialah :
Rentan terjadi bias kognitif terhadap informasi atau pesan yang disampaikan
Ancaman pencurian data pribadi maupun organisasi
Memerlukan paket data internet yang cukup serta jaringan yang stabil dan juga memerlukan alat elektronik seperti komputer atau laptop yang harganya lumayan mahal.
Komentar
Posting Komentar